www.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.ws

Minggu, 19 September 2010

Ketika membaca judul blog ini ,mungkin ada diantara kawan dan sahabat yang berkata " Akhhhhh...itu mustahil terjadi dalam hidupku.Sejak kecil aku merasa hidupku tersiksa karena ulah kedua orang tuaku,aku hidup menderita dan selamanya akan terus menderita.Hidupku sudah rusak dan tak ada harapan untuk masa depan yang indah.Aku tak pernah dipedulikan orang tuaku,aku putus sekolah,aku hidup kesana kemari tanpa tujuan,aku sering disingkirkan,disepelakan,tak dianggap dan lain sebagainya.Masih banyak keluhan keluhan hidup kita, yang kita urai satu persatu, menjadikan itu adalah alasan kuat untuk kita berpikir bahwa kebahagiaan tidak akan pernah bersahabat dengan kita.

NO....!!!

Selama bumi masih berputar,selama terang sinar matahari masih memancarkan cahayanya,selama jantung kita masih berdetak dan selama nafas hidup kita masih berhembus,selama itu pula masih ada harapan untuk masa depan yang indah.


Yang kita perlukan hanya satu . " SEMANGAT "

Bagaimana supaya kita BERSEMANGAT ?

1.DEKATKAN DIRI PADA TUHAN




2.MENGAMPUNI

Paul Boose seorang …………………..berkata “Memaafkan tidak bisa mengubah apa yang yang sudah terjadi dimasa lalu ,Namun akan melapangkan jalan kita kemasa depan.”
Memaafkan adalah member i pengampunan. Dengan memberi pengampunan kita melepaskan akar pahit dalam diri kita,kita membuang semua rasa sakit yang setiap saat terus menghantui hati dan pikiran kita.Banyak dari kita berpikir bahwa ketika kita memberi maaf kita dianggap paling lemah dan tak berdaya,tapi sesungguhnya orang yang berani memberi maaf dan pengampuanan adalah orang yang paling kuat dan kekuatannya jauh diatas orang kebanyakan.Mengapa ?
Ketika banyak orang disakiti ,hanya super sedikit yang dapat member i pengampunan.Seumpama ada 10 orang yang disakiti mungkin hanya 1 orang yang sanggup memberikan pengampunan secara tulus dan tanpa syarat.Mengapa dari 10 orang tersebut hanya 1 yang dapat melakukannya ? Ya,,,Karena member i pengampunan yang tulus membutuhkan sebuah pengorbanan untuk membuang rasa sakit yang dialami diri sendiri,membutuhkan kekuatan untuk kembali tersenyum tulus dan memandang bahwa setiap orang tidak ada yang sempurna termasuk diri kita sendiri,membutuhkan kerendahan hati untuk mampu melihat satu kebaikannya dibanding 10 kesalahannya,atau mungkin dalam dirinya tidak ada kebaikan sama sekali tapi masih dapat melihat bahwa dia adalah ciptaan Tuhan,sesama manusia yang harus kita ampuni seperti kita berharap bahwa Tuhan mengampuni setiap kesalahan kita ?
Hanya orang yang berjiwa besar yang mempunyai kekuatan ekstra dalam dirinya yang mampu untuk melakukannya.Jadi masihkah kita berpikir bahwa memberi pengampunan adalah berarti kita lemah ???
Kita sering berkata : Berbicara itu gampang tapi coba anda melakukannya.
Mengampuni memang tidak semudah membalikan telapak tangan seperti semudah kita berbicara atau meneguk segelas air dingin yang habis dalam sekejab mata.
Tidak gampang menghilangkan rasa sakit hati,kecewa,amarah dan dendam.Kita butuh kekuatan untuk mampu melakukannya dan kekuatan itu hanya kita dapat dari Tuhan.Kembali ke point pertama DEKAT DENGAN TUHAN.Ya,hanya di dalam Tuhan dan bersama Tuhan kita mampu melakukannya.
Mengandalkan kekuatan kita sebagai manusia biasa kita tak akan pernah sanggup bahkan menyerah.Tapi bila kita berdoa meminta kekuatan kepada Tuhan,berserah penuh kepadaNya dan terus mengandalkanNya maka mengampuni adalah hal yang akhirnya mampu kita lakukan.

Musuh yang terbesar adalah diri kita sendiri selebihnya tidak ada musuh melainkan kawan dan sahabat.Mungkin saat ini ada diantara kita yang memusuhi Ayah,ibu,kakak,adik ,kakek,nenek,paman,bibi,ayah angkat,ibu angkat,sahabat,tetangga,dan lain sebagainya.Mereka adalah orang orang terdekat kita, tapi saat ini merekalah musuh utama kita.Jarak begitu dekat tapi kita tak pernah bersentuhan ,saling memandang ,bahkan berharap mereka pergi sejauh mungkin.
Ketika amarah menguasai hati,ketika dendam menyelimuti diri,mungkin pernah terlontar kata kata ini : Aku ingin mereka mati saja,bahkan kalau mereka matipun aku bersumpah tidak akan melihat jenazah mereka.Terlalu menyakitkan apa yang mereka lakukan padaku.
Kawan…ketika pun suatu hari kita sukses secara financial,kita tak akan pernah merasa bahagia seutuhnya.Hidup kita menyimpan kepahitan yang dalam ,yang setiap saat kita bawa kemana kaki kita melangkah. Pernyesalan tidak akan pernah berada di depan.Seburuk apapun seseorang yang menyakiti hati kita,pasti ada kebaikan dalam dirinya.Tak ada gunanya kita menyesal kemudian dan akhirnya menangis meminta maaf di atas kuburan.Selagi kita masih diberi kesempatan dan waktu untuk hidup,kita masih bisa memperbaiki semuanya.

Mengampuni adalah member i keuntungan untuk diri kita sendiri.Mari kita renungkan ,apakah Tuhan akan mengampuni hidup kita kalau kita tidak mengampuni orang lain ? Bila waktu kita telah usai didunia ini dan kita menghadap hadiratNya ,jawaban apa yang dapat kita berikan untuk mempertanggungjawabkan kehidupan kita di dunia.

Perubahan datang bukan dari orang lain tapi dari diri kita sendiri ,mari jangan menuntut orang lain untuk berubah tapi berubahlah mulai dari diri kita sendiri.Ketika kita mampu untuk mengampuni disaat kita disakiti,ketika kita mampu membagi kasih disaat kita dianiaya,perubahan itu terjadi,baik dalam diri kita maupun orang lain.Bukankah KASIH mengalahkan segalanya ???


Ketika Usia remaja saya bertekad mencari ibuku. Kutanyakan alamat kepada beberapa tetangga yang tahu keberadaannya.Tapi masih teringat jelas beberapa dari mereka berkata : “Ahh….untuk apalagi kamu mencari ibumu,pakailah pikiranmu sedikit,gara gara ibumu hidupmu seperti ini.Lihat keadaan kamu sekarang,harus menderita karena dia.Kalau saya jadi kamu saya tidak akan pernah mengampuninya atau bahkan berharap dia sudah mati,anggap saja aku tak punya ibu.Tapi masih ada sebuah kalimat dari mereka yang lain yang berkata : Silahkan kamu mencari ibumu,yaaa…seburuk apapun ibumu,dia adalah ibu yang melahirkan kamu.Saat itu aku tersenyum pahit.Antara keingintahuan,mencari kebenaran,menahan sakit hati,serta kerinduan akan pelukan nyata kasih sayang seorang ibu.Semua berkecamuk menjadi satu dan entah rasa yang mana yang harus kuturuti.Aku dihadapkan pada dua pilihan yang sama sama meneriakkan kebenarannya.
Aku berpikir keras dan akhirnya memutuskan sebuah keputusan yang kuambil sendiri,dan kuyakini inilah sebuah kebenaran yang harus kucapai.Aku tidak mau mencari kesalahan ibuku,aku hanya ingin bertemu dengannya,merasakan pelukannya dan bisa berkata Mama pada seseorang yang melahirkanku.

Saya membaca sebuah kalimat pada sebuah buku renungan harian : JIKA ANDA INGIN MENJADI ORANG BESAR,ANDA HARUS MEMILIKI HATI YANG BESAR .INI DITUNJUKAN MELALUI SIKAP KITA YANG MAU MENGAMPUNI ORANG ORANG YANG TELAH ME NYAKITI HATI KITA.

Renungan bagi kita : ADAKAH KITA INGIN HIDUP BERDAMAI DENGAN SEMUA ORANG DAN AKHIRNYA MENJALANI HIDUP DENGAN SUKACITA ,MENATAP MASA DEPAN YANG CERAH ,BERMIMPI UNTUK SUKSES DAN BAHAGIA ATAUKAH KITA TERUS MENYIMPAN KESALAHAN ORANG LAIN,MENCIPTAKAN MUSUH YANG SEHARUSNYA BISA MENJADI KAWAN DAN SAHABAT,SERTA MENYIMPAN AMARAH,SAKIT HATI SECARA TERUS MENERUS DAN AKHIRNYA KEHILANGAN SUKACITA DAN KEBAHAGIAAN DAN AKHIRNYA PULA MENGHALANGI KESEMPATAN KITA UNTUK MAJU DAN BERJALAN MENUJUH MASA DEPAN YANG CERAH…

3.BERSYUKUR

Tanpa Kau Sadari
Menangisi nasib kehidupan apalah gunanya
kau sama seperti menangisi mayat yang tak kan pernah bangkit dan hidup lagi

kau menangis dan berkata :"Nasib hidupku menyedihkan "
Kau menyalahkan Tuhan
kau berkata : "Tuhan tidak adil"
kau berontak dan berusaha menghindari kenyataan

tanpa kau sadari
setiap manusia tinggal di bumi yang sama
siang dan malam tak pernah memilih siapapun
hujan dan panas turun dari langit yang sama
apanya yang berbeda ?

apa karena fisikmu cacat dan dia sempurna ?
apa karena kau orang miskin dan dia orang kaya ?
apa karena kau anak broken dan dia punya keluarga yang bahagia ?
apa karena itu kau menyalahkan Tuhan
yang telah menciptakan dan menghadirkan engkau ke dunia ini
yang telah memberi nafas kehidupan dan kesempatan untuk hidup ?

tanpa kau sadari
kamu mungkin hanya lumpuh
tapi lebih banyak lagi mereka yang lumpuh sekaligus buta
tidakkah mereka lebih menderita darimu

tanpa kau sadari
kau orang miskin
tapi pernahkah kau melihat para pengemis yang hanya tinggal dikolong jembatan , yang setiap malam tidur mengigil kedinginan karena tidak punya selimut
tidakkah mereka lebih miskin darimu ?

tanpa kau sadari
kau anak broken home
tapi bagaimana dengan mereka yang tidak sempat mengenal dan merasakan kasih sayang orang tua karena bencana dan kecelakaan
bagaimana dengan mereka yang dibuang ditong sampah
yang tidak pernah tahu lahir dari rahim perempuan yang mana
tidakkah nasib hidup mereka lebih menyakitkan darimu ?

" Tapi banyak dari mereka tetap bersyukur
dan menikmati hidup dengan sukacita ...."


kawan .......
berbicara tentang kehidupan
jangan pernah memandang diatas kita
tapi pandanglah kebawah
disaat kau memandang mereka yang berada diatasmu
maka kau akan berontak dan tidak mensyukuri nikmat kehidupan dari Tuhan
tapi disaat kau memandang mereka yang berada dibawahmu
maka hidupmu akan penuh syukur
dan ucapan terimakasih kepada Tuhan

By : Anita Pesik




4.BERHENTI MENGASIHANI DIRI SENDIRI

Kita semua tak asing dengan sebuah lagu karya anak bangsa,Yaitu Group band D'MASSIV
Yang berjudul "JANGAN MENYERAH "

Lirik Lagu D'Masiv - Jangan Menyerah

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi

Reff 1:
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Back to Reff 1

Reff 2:
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal Putus asa

Lagu ini memberi inspirasi kepada kita semua.Hidup harus terus berjalan dan jangan pernah menyerah akan apapun keadaan hidup kita.
Hidup ini hanya satu kali, alangkah indahnya jikalau kita mengisinya dengan kebahagiaan dan bukan dengan kesedihan.Jangan pernah kita berkata bahwa kebahagiaan tidak pernah berpihak pada kita,kebahagiaan terlalu jauh untuk dipikirkan,kita lihat kenyataan saja dan jangan berbasa basi dengan kata kata yang indah.
Kawan ... KEBAHAGIAAN TIDAK DATANG DENGAN SENDIRINYA.Kita butuh usaha,butuh kerja keras,butuh pengorbanan untuk meraihnya.
Hilangkan kebiasaan kita menyendiri sambil duduk diam meratapi nasib.Hal inilah yang membuat kita putus asa ,kecewa dan yang paling parah akhirnya kita depresi.
Umur manusia yang hanya 70 - 80 tahun, haruskah dihabiskan hanya dengan meratap dan menyesali segala keadaan dan kenyataan hidup.
Hidup menjadi sia sia ,tak berarti dan akhirnya terus begitu sampai akhir kehidupan.

5.LUPAKAN MASA LALU YANG PAHIT

Jadikan masa lalu kita yang buruk sebagai penyemangat untuk kita bekerja keras dan pantang menyerah.
6.BERGABUNGLAH DENGAN LINGKUNGAN PERGAULAN YANG POSITIF

Bila kita punya semangat bermimpilah
BERMIMPI AKAN MASA DEPAN YG SUKSES DAN BAHAGIA

Tidak ada komentar: